tag:blogger.com,1999:blog-9734163464100615662024-02-08T07:12:25.494-08:00PERMENSugeng TAhttp://www.blogger.com/profile/18157482439042961199noreply@blogger.comBlogger1125tag:blogger.com,1999:blog-973416346410061566.post-45835729492862633832011-11-01T02:36:00.000-07:002011-11-01T02:36:33.227-07:00Permendiknas No, 13 Tentang Standar KasekSALINAN<br />
LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL<br />
NOMOR 13 TAHUN 2007 TANGGAL 17 APRIL 2007<br />
TENTANG STANDAR KEPALA SEKOLAH/MADRASAH<br />
A. KUALIFIKASI<br />
Kualifikasi Kepala Sekolah/Madrasah terdiri atas Kualifikasi Umum,<br />
dan Kualifikasi Khusus.<br />
1. Kualifikasi Umum Kepala Sekolah/Madrasah adalah sebagai<br />
berikut:<br />
a. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S1) atau diploma empat (DIV)<br />
kependidikan atau nonkependidikan pada perguruan tinggi yang<br />
terakreditasi;<br />
b. Pada waktu diangkat sebagai kepala sekolah berusia setinggitingginya<br />
56 tahun;<br />
c. Memiliki pengalaman mengajar sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun<br />
menurut jenjang sekolah masing-masing, kecuali di Taman Kanakkanak<br />
/Raudhatul Athfal (TK/RA) memiliki pengalaman mengajar<br />
sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun di TK/RA; dan<br />
d. Memiliki pangkat serendah-rendahnya III/c bagi pegawai negeri<br />
sipil (PNS) dan bagi non-PNS disetarakan dengan kepangkatan<br />
yang dikeluarkan oleh yayasan atau lembaga yang berwenang.<br />
2. Kualifikasi Khusus Kepala Sekolah/Madrasah meliputi:<br />
a. Kepala Taman Kanak-kanak/Raudhatul Athfal (TK/RA) adalah<br />
sebagai berikut:<br />
1) Berstatus sebagai guru TK/RA;<br />
2) Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru TK/RA; dan<br />
3) Memiliki sertifikat kepala TK/RA yang diterbitkan oleh lembaga<br />
yang ditetapkan Pemerintah.<br />
.<br />
b. Kepala Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) adalah sebagai<br />
berikut:<br />
1) Berstatus sebagai guru SD/MI;<br />
2) Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru SD/MI; dan<br />
3) Memiliki sertifikat kepala SD/MI yang diterbitkan oleh lembaga<br />
yang ditetapkan Pemerintah.<br />
2<br />
c. Kepala Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah<br />
(SMP/MTs) adalah sebagai berikut:<br />
1) Berstatus sebagai guru SMP/MTs;<br />
2) Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru SMP/MTs; dan<br />
3) Memiliki sertifikat kepala SMP/MTs yang diterbitkan oleh<br />
lembaga yang ditetapkan Pemerintah.<br />
d. Kepala Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)<br />
adalah sebagai berikut:<br />
1) Berstatus sebagai guru SMA/MA;<br />
2) Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru SMA/MA; dan<br />
3) Memiliki sertifikat kepala SMA/MA yang diterbitkan oleh<br />
lembaga yang ditetapkan Pemerintah.<br />
e. Kepala Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan<br />
(SMK/MAK) adalah sebagai berikut:<br />
1) Berstatus sebagai guru SMK/MAK;<br />
2) Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru SMK/MAK; dan<br />
3) Memiliki sertifikat kepala SMK/MAK yang diterbitkan oleh<br />
lembaga yang ditetapkan Pemerintah.<br />
d. Kepala Sekolah Dasar Luar Biasa/Sekolah Menengah Pertama<br />
Luar Biasa/Sekolah Menengah Atas Luar Biasa<br />
(SDLB/SMPLB/SMALB) adalah sebagai berikut:<br />
1) Berstatus sebagai guru pada satuan pendidikan<br />
SDLB/SMPLB/SMALB;<br />
2) Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru SDLB/SMPLB/SMALB;<br />
dan<br />
3) Memiliki sertifikat kepala SLB/SDLB yang diterbitkan oleh<br />
lembaga yang ditetapkan Pemerintah.<br />
e. Kepala Sekolah Indonesia Luar Negeri adalah sebagai berikut:<br />
1) Memiliki pengalaman sekurang-kurangnya 3 tahun sebagai<br />
kepala sekolah;<br />
2) Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru pada salah satu satuan<br />
pendidikan; dan<br />
3) Memiliki sertifikat kepala sekolah yang diterbitkan oleh lembaga<br />
yang ditetapkan Pemerintah.<br />
3<br />
B. KOMPETENSI<br />
NO. DIMENSI<br />
KOMPETENSI KOMPETENSI<br />
1.1. Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan<br />
tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak<br />
mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah.<br />
1.2 Memiliki integritas kepribadian sebagai<br />
pemimpin.<br />
1.3 Memiliki keinginan yang kuat dalam<br />
pengembangan diri sebagai kepala<br />
sekolah/madrasah.<br />
1.4 Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas<br />
pokok dan fungsi.<br />
1.5 Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah<br />
dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah/<br />
madrasah.<br />
1 Kepribadian<br />
1.6 Memiliki bakat dan minat jabatan sebagai<br />
pemimpin pendidikan.<br />
2.1 Menyusun perencanaan sekolah/madrasah<br />
untuk berbagai tingkatan perencanaan.<br />
2.2 Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah<br />
sesuai dengan kebutuhan.<br />
2.3 Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka<br />
pendayagunaan sumber daya sekolah/<br />
madrasah secara optimal.<br />
2.4 Mengelola perubahan dan pengembangan<br />
sekolah/madrasah menuju organisasi<br />
pembelajar yang efektif.<br />
2.5. Menciptakan budaya dan iklim sekolah/<br />
madrasah yang kondusif dan inovatif bagi<br />
pembelajaran peserta didik.<br />
2.6 Mengelola guru dan staf dalam rangka<br />
pendayagunaan sumber daya manusia secara<br />
optimal.<br />
2 Manajerial<br />
2.7 Mengelola sarana dan prasarana sekolah/<br />
madrasah dalam rangka pendayagunaan secara<br />
optimal.<br />
4<br />
NO. DIMENSI<br />
KOMPETENSI KOMPETENSI<br />
2.8 Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan<br />
masyarakat dalam rangka pencarian dukungan<br />
ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/<br />
madrasah.<br />
2.9 Mengelola peserta didik dalam rangka<br />
penerimaan peserta didik baru, dan<br />
penempatan dan pengembangan kapasitas<br />
peserta didik.<br />
2.10 Mengelola pengembangan kurikulum dan<br />
kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan<br />
tujuan pendidikan nasional.<br />
2.11. Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai<br />
dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel,<br />
transparan, dan efisien.<br />
2.12 Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah<br />
dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/<br />
madrasah.<br />
2.13 Mengelola unit layanan khusus sekolah/<br />
madrasah dalam mendukung kegiatan<br />
pembelajaran dan kegiatan peserta didik di<br />
sekolah/madrasah.<br />
2.14 Mengelola sistem informasi sekolah/madrasah<br />
dalam mendukung penyusunan program dan<br />
pengambilan keputusan.<br />
2.15 Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi<br />
bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen<br />
sekolah/madrasah.<br />
2.16 Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan<br />
pelaksanaan program kegiatan sekolah/<br />
madrasah dengan prosedur yang tepat, serta<br />
merencanakan tindak lanjutnya.<br />
3.1 Menciptakan inovasi yang berguna bagi<br />
pengembangan sekolah/madrasah.<br />
3 Kewirausahaan<br />
3.2 Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan<br />
sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar<br />
yang efektif.<br />
5<br />
NO. DIMENSI<br />
KOMPETENSI KOMPETENSI<br />
3.3 Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam<br />
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya<br />
sebagai pemimpin sekolah/madrasah.<br />
3.4 Pantang menyerah dan selalu mencari solusi<br />
terbaik dalam menghadapi kendala yang<br />
dihadapi sekolah/madrasah.<br />
3.5 Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola<br />
kegiatan produksi/jasa sekolah/madrasah<br />
sebagai sumber belajar peserta didik.<br />
3.1 Merencanakan program supervisi akademik<br />
dalam rangka peningkatan profesionalisme<br />
guru.<br />
3.2 Melaksanakan supervisi akademik terhadap<br />
guru dengan menggunakan pendekatan dan<br />
teknik supervisi yang tepat.<br />
4 Supervisi<br />
3.3 Menindaklanjuti hasil supervisi akademik<br />
terhadap guru dalam rangka peningkatan<br />
profesionalisme guru.<br />
4.1 Bekerja sama dengan pihak lain untuk<br />
kepentingan sekolah/madrasah<br />
4.2 Berpartisipasi dalam kegiatan sosial<br />
kemasyarakatan.<br />
5 Sosial<br />
4.3 Memiliki kepekaan sosial terhadap orang atau<br />
kelompok lain.<br />
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,<br />
TTD.<br />
BAMBANG SUDIBYO<br />
Salinan sesuai dengan aslinya.<br />
Biro Hukum dan Organisasi<br />
Departemen Pendidikan Nasional,<br />
Kepala Bagian Penyusunan Rancangan<br />
Peraturan Perundang-undangan dan<br />
Bantuan Hukum I,<br />
Muslikh, S.H.<br />
NIP 131479478<br />
D: 1-5<br />
6Sugeng TAhttp://www.blogger.com/profile/18157482439042961199noreply@blogger.com0